2022, Nuvo Family Kampanyekan “Indonesia Bergerak Lawan Kuman”

Must Read

Nuvo Family, produk perawatan tubuh dan kesehatan keluarga dari Wings Group Indonesia kembali melanjutkan komitmennya dalam meningkatkan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di Indonesia melalui kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman.

Nuvo Family menggandeng Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF Indonesia) turut meresmikan Signature Icon sebagai sarana cuci tangan yang dibangun di Pantai Lasiana Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Dalam acara Nuvo Family ini juga sekaligus meresmikan sarana cuci tangan lainnya yang  tersebar di 150 titik  di Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Nuvo Family
Foto : Kim

“Program cuci tangan Nuvo Family saya lihat dari dimensi, yaitu dimensi idealis dimana semua orang harus hidup bersih dan sehat. Selanjutnya ada dimensi realita yaitu kenyataannya bahwa Nusa Tenggara Timur masih kekurangan sarana air bersih dan sanitasi.”ujar Josef Nae Soi Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur saat meresmikan sarana cuci tangan (30/3/2022)

“Oleh karena itu, melalui program Nuvo Family ini saya lihat sebagai dimensi fleksibilitas dalam arti kita memberikan contoh kepada masyarakat, dan komponen masyarakat lain seperti perusahaan WINGS dimana masyarakat dapat mengikuti arahan dan ajakan dari program ini dan bisa menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan warga Nusa Tenggara Timur melalui aspek sanitasi dan air bersih. “

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur untuk menjaga kesehatan, menerapkan pola hidup sehat, contohnya melakukan cuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun. Selain itu, kami mengajak semua pihak, baik pemerintah, perusahaan swasta atau lembaga lain untuk  terus berkolaborasi membangun masyarakat Nusa Tenggara Timur melalui kesehatan salah satunya lewat kampanye Nuvo Family ini,” imbuhnya.

Nuvo Family
Foto : Kim

Tidak hanya pemerataan sarana cuci tangan di Indonesia, Nuvo Family juga berperan aktif dalam memberikan edukasi pentingnya membiasakan diri cuci tangan pakai sabun serta menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dilakukan dalam berbagai aksi salah satunya yaitu kegiatan penyuluhan dan sosialisasi mengenai kegiatan PHBS; Cara cuci tangan yang baik dan benar kepada anak-anak usia Sekolah Dasar di wilayah Kupang, tepatnya di sekolah SD Inpres 2 Kuanino.

“Di tengah pandemi dengan kondisinya yang tidak menentu, upaya menjaga kebersihan diri merupakan salah satu kunci akan kesehatan yang sekiranya dapat dipupuk menjadi sebuah kebiasaan baik sejak dini pada masyarakat, termasuk pada usia anak sekolah dasar.”ujar Gabriella da Silva, Head of Public Relations Wings Group Indonesia perusahaan yang memproduksi Nuvo Family.

“Selama beberapa tahun terakhir dan masih berjalan hingga sekarang, Wings Group bekerja sama dengan UNICEF Indonesia untuk mempromosikan pentingnya pola hidup bersih dan sehat serta mendukung pemerintah dalam percepatan pengadaan akses air, sanitasi dan kebersihan yang dikelola dengan aman serta berkelanjutan.“ imbuhnya tentang program Nuvo Family ini.

Nuvo Family
Foto : Istimewa

“Dengan kerja sama yang konsisten terjalin antara instansi pemerintah, swasta, media massa, dan masyarakat seiring dengan berjalannya waktu kami harap dapat menghasilkan perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik, yaitu menjaga kebersihan diri termasuk menjadikan cuci tangan sebagai kebiasaan sehari-hari. Demi Indonesia Sehat, Indonesia Maju!” terang Gabriella

Menurut data dari UNICEF, akses ke sarana air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di sekolah-sekolah merupakan bagian penting dari lingkungan sekolah yang aman, bersih, dan sehat. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah mewajibkan ketersediaan sarana cuci tangan yang mendasar sebagai syarat dibukanya kembali sekolah.

Tetapi, berdasarkan analisis tahun 2020, 84% sekolah, atau 44 juta murid, tidak memiliki akses ke setidaknya satu dari ketiga jenis sarana tersebut. Analisis yang sama menunjukkan bahwa hampir 60% sekolah tidak memiliki sarana cuci tangan yang berfungsi serta dilengkapi air dan sabun. Di samping itu, hanya 27% madrasah yang punya akses ke sarana dasar WASH dan hanya 56% yang memiliki akses ke minimal satu sarana cuci tangan di lingkungan sekolah.

Nuvo Family
Foto : Kim

Setidaknya hanya sekitar 46% SD and Madrasah Ibtidaiyah  serta sekitar 37% SMP dan Madrasah Tsanawiyah di NTT yang memiliki sarana cuci tangan dengan air mengalir dan sabun (Sumber: Data WASH pada Profil Sanitasi Sekolah  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 dan data WASH pada Profil Sanitasi Sekolah  Kementerian Agama tahun 2020)

Sementara itu Yudhistira Yewangoe, Chief of Field Office NTT & NTB UNICEF Indonesia menjelaskan bahwa tidak adanya akses terhadap sanitasi dan sarana air bersih bisa menyebabkan kualitas hidup anak yang berujung kepada permasalah kesehatan, kurangnya gizi, stunting, dan bahkan bisa berujung kepada kematian.

“UNICEF sudah hadir cukup lama di Indonesia dan Nusa Tenggara Timur, dan kami terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam memberikan edukasi dalam rangka merubah perilaku ke arah yang lebih sehat, membuat sarana dan prasarana terkait sanitasi dan sarana air bersih. Hingga saat ini, 70% rumah di Nusa Tenggara Timur sudah aman untuk kegiatan air bersih, dan juga ada 4 kabupaten yang sudah dinyatakan aman untuk kegiatan buang air besar “ujar Yudhistira.

“Ini adalah kemajuan besar dan kami ingin terus berupaya ke persentase yang lebih tinggi, tentunya dengan berkolaborasi dengan Pemerintah dan swasta, contohnya WINGS dalam program tersebut “imbuhnya

Secara korporat, Wings Group Indonesia juga merupakan bagian dari Kemitraan Swasta-Pemerintah untuk CTPS (KSP-CTPS). Sebelumnya, melalui UNICEF, Wings Group Indonesia juga turut mendistribusikan 5000 paket Safe School Kits, berupa sabun & hand sanitizer NUVO, serta cairan disinfektan, untuk sekolah dan madrasah yang tersebar di 6 provinsi Indonesia (Aceh, Jatim, Jateng, Sulawesi Selatan, NTT, Papua

Sejalan dengan komitmennya dalam mewujudkan bangsa yang sehat dan terlindungi, NUVO turut menghadirkan produk sesuai dengan kebutuhan masyarakat terlebih di masa pandemi Covid- 19 dimana NUVO sebagai total protection solutions dengan rangkaian produk seperti NUVO Body Wash, NUVO Hand Soap, NUVO Hand Sanitizer dan NUVO Wet Wipes yang kini sudah teruji dapat membunuh Virus Corona. (Kim)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Sampoerna Academy Sukses Gelar STEAM EXPO 2024, Sabet MURI.

Sampoerna Academy mencetak prestasi gemilang melalui STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) Expo 2024 dengan meraih Rekor MURI...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -