Ini Khasiat Air Kelapa di Tengah Lonjakan Kasus Omicron

Must Read

Air Kelapa terbukti dapat memberikan asupan energi dan zat gizi yang cukup untuk menunjang kerja system imunitas.

Air kelapa semakin populer selama beberapa tahun terakhir, tetapi minuman yang dijuluki “minuman olahraga alami” ini telah ada dan dimanfaatkan khasiatnya selama berabad-abad, apalagi di daerah tropis seperti negeri kita.

Air Kelapa Diperkaya dengan elektrolit dan rasa yang lezat, khasiat air kelapa memiliki banyak manfaat kesehatan.

Air Kelapa
Coconut juice,Drink coconut water / Foto : Istimewa

Air kelapa berlimpah dalam kandungan elektrolit terutama kalium, juga terdapat kalsium, natrium dan magnesium. Berikut kandungan gizi 1 cangkir (150 cc) air kelapa

“Elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium memiliki peran dalam sistem kekebalan dengan mendukung semua aktivitas sel-sel imunitas dalam melawan infeksi,” papar Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pakar nutrisi, sport nutritionist dan konsultan gizi di Klinik Kebugaran Royal Sport Performance Center Senayan City

Jadi, dalam keadaan sehat, apalagi sakit, atau di antaranya, kita perlu mendapatkan cukup elektrolit. Faktanya, mencegah kekurangan elektrolit sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Air Kelapa
Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., pakar nutrisi, sport nutritionist / Foto : Istimewa

“Elektrolit dalam Air Kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan bahkan memastikan fungsi otot yang tepat. Tentu saja, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat dan protein pada saat terinfeksi. Selain itu, elektrolit ini juga baik juga dikonsumsi setelah berolahraga,” ungkap Dr. Rita Ramayulis lebih jauh.

Berikut fakta-fakta air Kelapa dan Manfaat Kesehatannya:

Menyediakan banyak nutrisi dan elektrolit yang membantu pemulihan pascainfeksi atau setelah berolahraga

Air kelapa berlimpah dalam kandungan elektrolit terutama kalium, juga terdapat kalsium, natrium dan magnesium. Berikut kandungan gizi 1 cangkir (150 cc) air kelapa

“Elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium dan kalsium memiliki peran dalam sistem kekebalan dengan mendukung semua aktivitas sel-sel imunitas dalam melawan infeksi,” papar Dr. Rita Ramayulis.

Air Kelapa
Foto : Istimewa

Jadi, dalam keadaan sehat, apalagi sakit, atau di antaranya, kita perlu mendapatkan cukup elektrolit. Faktanya, mencegah kekurangan elektrolit sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh yang baik.

“Elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, mencegah dehidrasi, dan bahkan memastikan fungsi otot yang tepat. Tentu saja, kita juga harus memastikan kecukupan karbohidrat dan protein pada saat terinfeksi. Selain itu, elektrolit ini juga baik juga dikonsumsi setelah berolahraga,” ungkap Dr. Rita Ramayulis lebih jauh.

Dapat mengurangi tekanan darah dan risiko stroke

Pisang terkenal karena jumlah kalium atau potasiumnya yang tinggi, tetapi satu cangkir air kelapa bisa mengandung lebih banyak kalium daripada pisang berukuran sedang. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi tekanan darah dan bahkan melindungi terhadap stroke. Melengkapi air kelapa dengan makanan kaya kalium lainnya dalam pola asupan nutrisi kita bisa bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung.

Air Kelapa
Foto : Istimewa

Dapat mendukung pencernaan yang baik

Tanaman Yang banyak di pantai ini mengandung magnesium, mineral yang membantu menjaga segala sesuatunya tetap bergerak dan mencegah sembelit, kata Dr. Rita Ramayulis. Hidrasi yang memadai secara umum juga penting untuk membantu mengatur pergerakan usus.

Dapat membantu rehidrasi ketika kita sakit atau setelah vaksin

Jika kita tengah sakit atau terinfeksi virus Corona, tubuh bisa kehilangan sejumlah besar cairan saat kita demam, atau muntah dan diare. Dr. Rita Ramayulis mencatat bahwa dapat membantu status hidrasi dan menyeimbangkan elektrolit lebih baik daripada air biasa dalam skenario ini. Pada beberapa varian air kelapa bahkan sudah mengandung vitamin C dan D yang dapat memberikan dukungan kekebalan yang lebih baik. Selain itu, penting juga untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik setelah melakukan vaksin, salah satunya bisa dilakukan dengan minum air kelapa.

Dapat membantu dengan manajemen berat badan

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk memelihara setiap sel dalam tubuh dan mengoptimalkan tingkat metabolisme kita. Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar, mendorong mereka makan berlebihan sehingga menyebabkan penambahan berat badan. Meskipun air kelapa memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa, namun secara substansial lebih rendah kalori daripada minuman lain seperti soda, jus ataupun minuman bergula lainnya. Proses sederhana mengganti minuman manis dengan buah tropis ini dapat membantu kita mengurangi kalori selama seminggu.

Namun terakhir, perlu diingat bahwa tidak ada makanan yang membuat COVID-19 hilang, juga tidak akan ada pendekatan diet tunggal. Perhatikan gejala yang dialami, dan jika memiliki tanda-tanda seperti kesulitan bernapas, tekanan atau nyeri dada terus-menerus, atau berbagai kebingungan baru, segera hubungi tenaga medis di sekitar kita.

 

 

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

PJ Morton Dan Kaleb J Siap Ramaikan Java Jazz 2022

PJ Morton, Musisi peraih Grammy Awards mengajak musisi asal Indonesia yang sempat viral dengan lagu “It's Only Me', Kaleb...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -