PERKIN & SUDIN KPKP Pertahankan Jakarta Bebas Rabies, Gelar Vaksinasi Hewan Gratis

Must Read

PERKIN atau Perkumpulan Kinologi Indonesia sebuah organisasi bagi pecinta anjing ras di Indonesia yang sudah  lahir 100 tahun lebih dan sudah diakui oleh dunia hanya satu – satunya di Indonesia yang diakui oleh dunia.

“Kita mendengar ada gejala yang berkembang, Makanya kita peduli dengan adanya ini sehingga saya terketuk hatinya untuk menyumbangkan vaksin rabies membantu anjing – anjing yang tidak pernah di vaksin rabies untuk menekan sehingga rabies tidak meningkat dan kita nyakin di Jakarta ini akan bebas rabies,”ujar Nanang Hadi Wijaya Ketua Umum PERKIN saat ditemui di RPTRA Anggrek, Cempaka Putih, Senin (14/8/2023)

Vaksin rabies yang bekerjasama dengan PERKIN ini untuk mencegah dan mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies. Agar masyarakat aman, nyaman, termasuk si pemiliknya. Dia (harus) bertanggung jawab. Punya hewan harus divaksin,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat Penty Pudyastuti.

PERKIN
Foto: Dok.Indoseru

Untuk mempertahankan Jakarta Bebas dari Rabies maka PERKIN dan SUDIN KPKP Jakarta Pusat  mengelar kegiatan Vaksinasi Rabies untuk Hewan serentak di DKI Jakarta.

Kegiatan vaksinasi yang digelar PERKIN dan SUDIN KPKP Jakarta Pusat ini pada anjing, kucing, kera, dan musang ini diselenggarakan di RPTRA Anggrek, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat.

Menurut Nanang Hadi Wijaya bahwa anggota dari PERKIN yang memilik Anjing peliharaan bebas dari Rabies.

PERKIN
Nanang Hadi Wijaya ( Ketua Umum Perkumpulan Kinologi Indonesia) / Foto: Dok. Indoseru

“Dan saya juga Jelaskan disini  bahwa anggota kami yang tergabung di PERKIN tidak ada satu satu Anjingpun yang sakit Rabies karena kita vaksin secara teratur secara tiap tahun  jadi untuk menekan itu kamipun membantu bekerjasama dengan SUDIN KPKP  pusat mulai mengadakan vaksin gratis untuk seluruh hewan – hewan yang ada di DKI Pusat tanpa bayaran dan maupun itu kucing maupun anjing , Musang kera apapun silakan bisa datang ke sini.”tegasnya.

Pelaksanaan Vaksinasi Rabies yang diselenggarakan serentak di DKI Jakarta ini tak hanya sampai disini. Menurut Nanang Hadi Wijaya kegiatan ini akan terus berkelanjutan ke daerah atau wilayah lainnya.

“Kita bukan  hanya Jakarta saja,  kita mulai dari Jakarta karena kantor pusat kita di Jakarta, jadi dari sini akan ke Bali akan ke wilayah lain sedapat mungkin seluruh Indonesia kita akan adakan. Yang di Jakarta kita akan berkelanjutan bisa kita adakan di kecamatan lain. Jadi kita tidak akan disini Jakarta pusat, tapi dari sini kita akan ke Tanggerang dari Tanggerang kita akan terus lakukan untuk mencegah dan mempertahankan DKI Jakarta Zero Rabies,”ujarnya.

PERKIN
Foto: Dok. Indoseru

Dalam Acara Vaksinasi Rabies di RPRTH Anggrek Disediakan 500 dosis vaksin rabies. Dan perlu di ketahui kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang di lakukan.

“Sebenarnya kegiatan seperti ini kita laksanakan sepanjang tahun dibeberapa kecamatan kebetulan hari ini adalah di cempaka putih. Kita Sediakan sekitar 500 dosis vaksin hari ini, dan kegiatan ini kita memang ada target untuk vaksin dan itu merupakan sudah program “DKI Zero Rabies” atau DKI bebas rabies termasuk juga di Jakarta Pusat,”ujar Penty Pudyastuti

PERKIN
Penty Pudyastuti (Kepala Sudin KPKP Jakarta Pusat) / Foto: Dok.Indoseru

“Jadi untuk saat ini dari target yang ada 5681 (Jakarta Pusat) pertahun  untuk hewan kesayangan, ini kita sudah mencapai 4011 ekor kita vaksin dengan jumlah Anjing (1297), Kucing (2676), Kera (22), Musang (13). Harapan kami masyarakat lebih aware terhadap hewan kesayangan dan juga pemiliknya kalau hewan kena rabies akan berdampak pada manusia nya,”tutup Penty.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Kampanye WINGS for UNICEF “Generasi Bersih Sehat” Soroti Pentingnya Akses Wash & PHBS Di Sekolah

WINGS Group Indonesia untuk mengelar program WINGS for UNICEF, untuk meluncurkan kampanye "Generasi Bersih Sehat" guna mendukung layanan air,...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -