Trakindo Buktikan Komitmen Gelar “Trakindo Innovakids 2022”

Must Read

Trakindo berkomitmen pada dunia pendidikan,dengan menyelenggarkan Trakindo Innovakids 2022 – “Gerakan Transformasi Edukasi Produk Inovasi” dan juga turut mensukseskan tujuan strategis Kemendikbudristek RI 2020-2024 dalam hal pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter.

Trakindo Innovakids 2022 Sebagai ajang kompetisi inovasi siswa SD dalam bentuk teknologi tepat guna dan juga merupakan puncak dari rangkaian pembinaan dan pendampingan bagi pendidikan dasar yang di tahun 2021-2022 bertajuk Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo.

Diadakan di tengah berbagai transformasi dan transisi cepat dan mendasar yang kini terjadi di dunia pendidikan dasar, Generasi Trakindo dan Trakindo Innovakids merupakan merupakan kontribusi Trakindo agar guru, siswa dan bahkan orang tua memiliki sistem pendukung (support system) yang kokoh untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, sambil tidak kehilangan fokus pada tujuan pendidikan dasar itu sendiri.

Trakindo

President Director PT Trakindo Utama, Bari Hamami menekankan pentingnya pembentukan karakter untuk mendukung ilmu pengetahuan dalam pendidikan dasar.

“Ilmu pengetahuan membuat pintar, tetapi itu tidak cukup, harus diimbangi karakter yang mulia. Lewat Trakindo Innovakids 2022 pendidikan karakter dicapai melalui peningkatan kapasitas tenaga kependidikan, untuk mendorong siswa-siswi agar lebih kritis mengidentifikasi dan menyikapi permasalahan di sekitarnya, dan berani ikut andil dalam memberikan solusi. Yang kami berikan adalah kail, bukan ikan. Kami tidak memberikan semuanya, tapi untuk memancing semua pihak melakukan yang lebih baik lagi, sehingga bisa mengintegrasikan kekuatan kita bersama demi keberlanjutan pengembangan kualitas pendidikan di negara yang kita cintai ini,” ujar  Bari Hamami dalam sambutan nya di Trakindo Innovakids 2022 secara virtual (02/06/2022)

“Trakindo Innovakids 2022 juga sejalan dengan misi pendiri kami sejak 1970, yaitu menciptakan lapangan kerja yang layak dan berkualitas bagi sebanyak-banyaknya masyarakat Indonesia. Berangkat dari misi mulia ini, kami berkomitmen menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas melalui dukungan kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia,” lanjut Bari Hamami.

Trakindo

Program peruasaan ini bagi pendidikan dasar sebenarnya telah belasan tahun dilakukan secara intensif. Gerakan Transformasi Edukasi (Generasi) Trakindo yang menjadi tema tahun ini berjalan sejak Juni 2021 dalam dua tahap untuk mendukung penguatan pendidikan karakter, kecakapan hidup, dan budaya inovasi di sekolah-sekolah dasar dengan menempatkan siswa atau anak peserta didik sebagai fokus kegiatan tahun ini. Tahun ini, kegiatan diikuti 40 sekolah, 500 guru dan sekitar 10.000 siswa, orang tua dan komunitas.

Sementara itu Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd., Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI mengakui kontribusi Trakindo selama ini telah selaras dengan cita-cita pemerintah dalam penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar.

“Anak-anak bisa belajar dan berlatih menggunakan rasa ingin tahu untuk mencari jawaban dan solusi sejak dini, serta keinginan untuk belajar yang lebih banyak lagi, tentunya dengan panduan bapak dan ibu gurunya. Semoga lewat kegiatan yang digagas Trakindo ini, para guru mendapatkan wawasan baru dalam membuat praktik pembelajaran yang kreatif dan para siswa bisa mendapat bekal memadai bagi pendidikannya. Saya berharap program seperti ini dapat terus dilaksanakan guna memberikan manfaat positif bagi pendidikan di Indonesia,” ungkap Sri Wahyuningsih.

Trakindo

Acara ini dihadiri ratusan peserta daring lewat kanal Youtube dan kanal Youtube Direktorat Sekolah Dasar yang terdiri dari perwakilan 40 SDN binaan Trakindo, sekolah imbas, praktisi pendidikan, rekan-rekan jurnalis, serta tim Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI.

Tahun ini, seluruh kegiatan dilakukan secara virtual. Para perwakilan SD diminta untuk membuat vlog mengenai inovasi mereka dan sesi penilaian, penjurian, sharing, hingga pengumuman pemenang dilakukan secara daring

SDN 1 TONGO, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat berhasil menjadi juara 1, melalui produk inovasinya yaitu tempat cuci tangan elektrik. Sedangkan Sapa Saya Raja dari SDN 005 SEKUPANG, Batam, Kepulauan Riau menjadi presenter terfavorit dengan menceritakan produk inovasinya yaitu air purifier

“Kami berharap melalui program ini banyak pihak mendapat inspirasi dan masyarakat bisa berpartisipasi bersama kami melahirkan generasi masa depan yang inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perubahan yang harus mereka hadapi nantinya, juga bisa menciptakan perubahan di masa depan,” tutup Bari Hamam (kim)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Baby Happy Diapers Luncurkan Pinkfong Baby Shark Dengan Hexagon Technology

Baby Happy Diapers, popok bayi sekali pakai meluncurkan produk terbaru bernama Baby Happy Pinkfong Baby Shark, hasil kolaborasi bersama...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -