Humbang Kriya Sinar Mas Bersinar di Gelaran LTFW 2023

Must Read

Humbang Kriya, karya para-artisan UMKM binaan Asuransi Sinar Mas, tampil memukau dalam fashion show dan pameran UMKM di Lake Toba Fashion Week 2023 (LTFW 2023) tanggal 6-8 Oktober 2023 di Sipinsur Geosite, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Lake Toba Fashion Week 2023 (LTFW 2023) yang diikuti oleh Humbang Kriya adalah sebuah platform yang bertujuan untuk mengembangkan dan memperkenalkan dunia fashion lokal Indonesia di wilayah Kawasan Danau Toba. Acara ini diharapkan akan menjadi acara tahunan dengan tuan rumah bergilir antara 8 kabupaten di sekitar Kawasan Danau Toba. Kabupaten Humbang Hasundutan berperan sebagai tuan rumah pertama dalam LTFW 2023.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menarik minat wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, untuk berkunjung ke Kawasan Danau Toba. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

Humbang Kriya

“Keikutsertaan Humbang Kriya dalam event LTFW 2023 ini merupakan upaya kami untuk mengangkat karya UMKM binaan Asuransi Sinar Mas agar dapat naik kelas” , ujar Dumasi M M Samosir, Direktur PT Asuransi Sinar Mas sekaligus pembina Rumah Kreatif Sinar Mas di Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan.

Selama acara LTFW 2023, Humbang Kriya tampil dalam tiga sesi fashion show yang berbeda. Pada hari pertama, Humbang Kriya mempersembahkan 5 busana hasil kolaborasi dengan desainer Nick Djatnika dan 5 busana dari SHINE Collection by Humbang Kriya.

Nick Djatnika merancang busana khusus untuk seragam Tim Front Office dan Tim Service dari CHADS – Coffee Hotel Ayola Dolok Sanggul. Kolaborasi antara kain Humbang Shibori dan Humbang Batik dengan tenun lurik menciptakan seragam yang elegan.

Humbang Kriya

Sementara itu, SHINE Collection by Humbang Kriya menampilkan dress dan outer ready to wear yang berkesan chic. Warna – warna alam dari kain Humbang Batiq dipadukan dengan organza berhasil menjadi busana cantik yang cocok digunakan untuk anak muda.

Hari kedua LTFW 2023, Humbang Kriya menampilkan kain Humbang Shibori serta Humbang EcoPrint yang dikreasikan menjadi rok pleat skirt mewah yang cocok digunakan untuk berbagai kesempatan. Selain itu juga ditampilkan koleksi outer yang cocok dikombinasikan untuk busana muslim.

Puncak Fashion Show Humbang Kriya di Lake Toba Fashion Week 2023 (LTFW 2023) ditutup dengan penampilan koleksi Humbang Kriya x Windy Chandra & SHINE Collection by Humbang Kriya.

Humbang Kriya

Kolaborasi antara Humbang Kriya dan Windy Chandra menghadirkan 5 dress yang memadupadankan Humbang Shibori dan Tenun Songket Humbang dalam berbagai gaya, mulai dari smart casual hingga couture.

Windy Chandra memainkan detail dan drapery dalam koleksinya kali ini, dan pada salah satu busana, ia mengkreasikan limbah kain Humbang Shibori menjadi gaun pesta yang indah dan mewah.

Pada hari terakhir LTFW 2023, SHINE Collection by Humbang Kriya kembali tampil dengan deretan busana couture yang memanfaatkan kombinasi kain Humbang Shibori dan Tenun Songket Humbang. Tenun songket Humbang menggunakan benang katun dan bahkan benang yang terbuat dari limbah plastik.

“Melalui LTFW 2023, kami berharap karya wastra dan koleksi busana Humbang Kriya yang menggunakan konsep Eco Fashion ini akan semakin dikenal lebih luas di masyarakat, baik di tingkat lokal maupun internasional. Dengan harapan bahwa ini akan mendukung produksi berkelanjutan dan akhirnya membuka peluang ekonomi yang lebih luas di wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan.” Tambah Dumasi

Keikutsertaan Humbang Kriya dalam LTFW 2023 didukung oleh berbagai pihak, termasuk Sinar Mas, Asuransi Sinar Mas, PT Bank Sinarmas, Tbk, PT Rintis Sejahtera (Jaringan Prima), dan PT Asuransi Maximus Graha Persada, Tbk.

“Kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya acara LTFW 2023. Acara ini sangat luar biasa karena menggabungkan pariwisata, ekonomi, dan seni busana. Sinar Mas percaya bahwa kolaborasi dari berbagai pemangku kepentingan dalam berbagai sektor, baik industry maupun pemerintah, adalah yang membuat acara ini menjadi kenyataan. Kami berharap acara ini akan memperkenalkan Kawasan Danau Toba sebagai destinasi pariwisata andalan Sumatera Utara dan sekaligus menghidupkan UMKM di wilayah sekitarnya. Kegiatan ini juga sejalan dengan gerakan UMKM Naik Kelas berbasis Inclusive Close Loop yang telah diinisiasi oleh Presiden Joko Widodo. Sinar Mas sangat bangga dapat berpartisipasi dalam acara ini melalui Humbang Kriya, yang merupakan karya artisan dari Humbang Hasundutan, binaan Sinar Mas. Sukses bagi UMKM, untuk Indonesia Maju.” Kata Ferry Salman, Managing Director Sinar Mas

PT Rintis Sejahtera pun sangat mendukung upaya pengembangan UMKM yang dilakukan oleh Asuransi Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan. Dukungan telah diberikan dalam bantuan untuk pelatihan dan Fashion Show.

Iwan Setiawan, Presiden Direktur PT. Rintis Sejahtera, menekankan dukungan perusahaan terhadap pengembangan UMKM oleh Asuransi Sinar Mas di Kabupaten Humbang Hasundutan.

“Kami percaya bahwa kegiatan ini dapat menjadi wadah yang tepat untuk melestarikan kekayaan seni Indonesia kepada dunia. Keikutsertaan Humbang Kriya dalam ajang Lake Toba Fashion Week 2023 dapat menjadi wadah yang tepat untuk semakin melestarikan dan memperkenalkan kekayaan seni budaya Indonesia kepada dunia. PT. Rintis Sejahtera selalu mendukung kegiatan positif yang diinisiasi oleh Humbang Kriya yang selalu berupaya dalam menggerakkan perekonomian UMKM lokal.”kata Iwan

“Bank Sinarmas sangat mendukung produk Humbang Kriya di sekitar Danau Toba. Kami juga sudah hadir di acara pembukaan Lake Toba Fashion Week 2023. Saya sangat terkesan dengan antusiasme mereka untuk maju dan meningkatkan kelas mereka sampai ke tingkat nasional, bahkan internasional. Semoga UMKM di Kawasan Danau Toba semakin maju dan mendunia.” Tambah Tjendrawati Widjaja, Komisaris Utama PT Bank Sinarmas, Tbk.

PT Rintis Sejahtera dan Bank Sinarmas juga telah mendukung kolaborasi Humbang Kriya dengan Oscar Lawalata Culture pada Fashion Show “Untukmu Ibu” Bersama dengan Srikandi Bisnis dan Keuangan Indonesia (SBKI) pada bulan Desember 2022 lalu.

“Saya sangat terkesan dengan adanya acara Fashion Week di sini. Humbang Kriya ini telah menunjukkan karya-karyanya yang sangat bagus, bukan hanya untuk pasar domestik. Saya melihat bahwa mereka memiliki potensi untuk bersaing di tingkat internasional. Kolaborasi dengan desainer terkenal sangat bermanfaat untuk meningkatkan karya Eco Fashion dari Humbang Kriya. Saya berharap fashion week seperti ini dapat meluas ke daerah lain, sehingga UMKM di daerah lain juga dapat semakin meningkat dan mendunia.” jelas Datin Rashida.

“Partisipasi perusahaan dalam event LTFW ini adalah wujud nyata dari komitmen kami selaku salah satu industri jasa keuangan dalam mendukung pengembangan sector pariwisata Danau Toba, sebagai salah satu kesepakatan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Pariwisata,”ujar Jemmy Atmadja, Direktur Utama Maximus Insurance.

Dukungan Maximus Insurance tidak hanya berhenti pada sektor pariwisata. Perusahaan ini juga memberikan dorongan besar bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Danau Toba, seperti pegiat Humbang Kriya.

Dalam gelaran LTFW 2023 ini, karya Wastra Humbang Kriya juga diangkat oleh Dekranasda Kabupaten Humbang Hasundutan. Berkolaborasi dengan 4 desainer yang tergabung dalam APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia) .

Dekranasda Humbang Hasundutan menampilkan 27 look yang menggunakan kain Humbang Shibori dan Humbang EcoPrint dan tampil memukau di penghujung fashion show. Keempat desainer tersebut adalah Adah Mode, Yap Mode by Yuni Pohan, Zul Said dan Poppy Dharsono.

Keikutsertaan Humbang Kriya di LTFW 2023 semakin mempertegas komitmennya untuk berkontribusi positif kepada masyarakat melalui pemberdayaan UMKM. Hingga saat ini, Humbang Kriya telah menciptakan lapangan kerja bagi pengrajin di kabupaten Humbahas yang sebagian besar adalah perempuan dalam rentang usia remaja hingga lanjut usia.

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

SoKlin 2024 Raih Predikat Most Chosen Laundry Brand Nomor Satu Pilihan Konsumen Indonesia

SoKlin Tahun 2024 kembali menempati posisi Runner Up Most Chosen Brand in FMCG dan #1 Most Chosen Laundry Brand...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -