LKC DD Banten Panen Raya Budikolbu 1,5 Ton Ikan Lele

Must Read

LKC DD Banten berhasil panen sebanyak 1,5 ton lele yang diternak dengan metode Budikolbu (Budidaya Ikan dalam Kolom Buatan) pada peyelenggaraan Panen Raya Budikolbu di wilayah Kelurahan Cipocok Jaya Kota Serang, Provinsi Banten 16 Februari 2022.

Danan Panggih Wisastra selaku Kepala Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Dompet Dhuafa  Banten (LKC DD Banten)  menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu indikator Ketahanan Pangan yang digulirkan oleh LKC DD Banten pada masa pandemi.

“Budikolbu ini merupakan scale up dari Program Ketahanan Pangan yang dulu kita gulirkan di masa pandemi, hari ini merupakan panen tahap ke-5 dari Program Budikolbu ini, total target panen di siklus ini senilai 1,5 ton dari jumlah bibit yang kita tebar. Kita berharap hasil dari panen raya ini nantinya akan bisa mendanai program-program kesehatan yang ada di sini, khususnya program kesehatan yang berbasis masyarakat, posyandu, posbindu, pendampingan bayi balita, ibu hamil dan juga pendampingan penyakit tidak menular,” tutur Danan pada acara panen raya budikolbu LKC DD Banten

LKC DD Banten
Foto : Dok. DD

“Pada hari ini LKC DD Banten panen di tahap ke-5, di nilai 400 Kg atau 4 Kwintal, tapi karena penampungan ikan sudah full, sehingga kita panen 200 Kg dulu, sisanya 200 Kg akan kita panen esok hari,” ujar Danan.

Sementara itu, Linin, S.Sos, M.Si yang menjabat sebagai Lurah Cipocok Jaya memberikan tanggapan yang baik, dengan mengapriasi kinerja LKC-DD Banten melalui program yang sudah bergulir di lingkungan Kelurahan Cipocok Jaya tersebut.

“Saya mengapresiasi sangat tinggi dan berterima kasih tentunya kepada Dompet Dhaufa, rekan-rekan semua, dari LKC-DD Banten yang telah membuat program yang berkelanjutan, khususnya untuk masyarakat Ciwaru, Cipocok Jaya. Program Dompet Dhuafa ini telah sukses untuk membina masyarakat Ciwaru dan alhamdulillah masyarakat Ciwaru berterima kasih banyak sekali karena ini memberikan dampak yang positif, baik untuk kesehatan dan juga ekonomi masyarakat Ciwaru,” kata Linin.

LKC DD Banten
Foto : Dok. DD

Selain itu, Linin mengungkapkan ke depan program LKC-DD Banten ini dapat menjadi langkah baik untuk bisa diterapkan di wilayah lain.

“Dengan adanya program ini, kedepan kita masyarakat Ciwaru akan tetap menikmati hasil jerih payah pikiran dari teman-teman Dompet Dhuafa, semoga ini bisa menjadi contoh untuk dapat ditelurkan di kampung-kampung yang lain, agar masyarakat lebih sejahtera, masyarkat lebih terayomi, terutama masyarakat atau teman-teman kita yang kurang beruntung, bisa membantu ekonomi, kesehatan, mental atau psikologisnya,” ucap Linin.

Pada kesempatan yang sama, Hj. Ucu Jakiyah, S.ST sebagai Kepala Puskesmas Cipocok Jaya mengatakan akan mendukung program ini karena berkaitan dengan penurunan angka stunting.

LKC DD Banten
Foto : Dok. DD

“Alhamdulillah saya diundang hari ini oleh Dompet Dhuafa dalam rangka panen lele, program ini sangat mendukung program kita, terutama untuk penurunan angka stunting, karena lele itu sangat tinggi proteinnya dan bagus untuk menaikkan berat badan bayi dan balita yang stunting,” kata Hj. Ucu.

“Kedepan mudah-mudahan kita bisa bekerjasama dalam menurunkan angka stunting di wilayah Kota Serang dan saya berharap kegiatan ini bisa berlanjut sampai nanti ya, kalaupun sekarang Dompet Dhuafa akan pindah lokasi kegiatannya ke tempat lain, mudah-mudahan di Ciwaru ini tetap berjalan,” tutur Hj. Ucu.

 

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -

Latest News

Xiaomi dan Leica, 2022 Resmi Umumkan Kerja Sama

Xiaomi, perusahaan elektronik konsumen dan teknologi manufaktur pintar, hari ini mengumumkan kerja sama strategis dalam mobile imaging dengan Leica...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -